Global Institute Meulaboh beridiri di bawah Yayasan Az-Zhafira Meulaboh yang berkedudukan di Meulaboh, Aceh Barat. Global Institute Meulaboh atau disingkat dengan GI-Meulaboh adalah lembaga non-formal yang fokus pada pengembangan pendidikan dan pelatihan. Sebagai social-enterprise GI Meulaboh berkomitmen untuk ikut serta memajukan kualitas pendidikan dan ilmu pengetahuan.

GI-Meulaboh berdiri dengan beberapa dasar pemikiran. Pertama, pendidikan dan keahlian adalah inventasi yang paling berharga dalam kehidupan. Dengan perubahan dunia yang semakin cepat, kompetisi global, dan hantaman teknologi digital yang masif, anak bangsa dihadapkan dengan tantangan masa depan yang tidak mudah. Tanpa pendidikan dan keahlian yang mumpuni, kita akan semakin tertingga ldan terbelakang.

Kedua, pergeseran pola kehidupan yang diakibatkan oleh revolusi digital telah meluaskan definisi belajar; bahwa transformasi ilmu pengetahuan tidak lagi dibatasi oleh dinding kelas pendidikan formal, seperti sekolah, madrasah, atau perguruan tinggi. Proses belajar bisa terjadi kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun. Kuncinya adalah kemauan dan tekad yang kuat.

Ketiga, revolusi digital juga mengubah tata kerja dunia usaha, industri dan pemerintahan. Kita dituntut untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat yang terus mengembangkan pendidikan dan keahlian, khususnya keahlian Abad 21, yaitu; (1) menguasai bahasa asing (foreign language), (2) menguasai teknologi (digital literacy), (3) berfikir kreatif (creative thinking), (4) berfikir kritis (critical thinking), (5) berkolaborasi (collaborating), dan (6) kepemimpinan (leadership).

Pengurus GI-Meulaboh terdiri dari anak muda Aceh Barat lintas profesi dengan disiplin ilmu yang beragam, dan latar belakang yang berbeda. Dengan semangat membangun negeri dan dedikasi yang tinggi, putra-putri terbaik Aceh Barat bahu-membahu memberikan yang terbaik bagi kemajuan daerah melalui Global Institute Meulaboh.